Kegiatan Belajar 1
Iklan Online
1. Konsep Iklan Online
Iklan Online adalah metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya, misalkan web ( World Wide Web ) dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran ( promosi) agar pelanggan tertarik dan membeli produk yang di tawarkan.
Media baru menyajikan penggabungan dari media tradisional ( film, cetak, musik, gambar, dan teks ) dan teknologi digital, khususnya internet. Konsep seperti real team, on demand, interaksi telah memaksa banyak media tradisional untuk beralih ke digital.
Menurut wikipedia iklan banner yang di jual kepada firma hukum pada tahun 1993 oleh global network navigator adalah yang pertama di klik. HotWired, sebuah majalah pertama yang menjual ruang iklan dalam jumlah besar kesejumlah pengiklan, salah satunya adalah AT dan T ( perusahaan telekomunikasi AS ) pada bulan Oktober 1994.
Pada tahun 1996, iklan interaktif lahir. Shockwave "Pong" ( banner HP ), Anda dapat bermain pong di banner, berinteraksi dengan sebuah iklan tanpa meninggalkan halaman web.
Inetactive Advertising bureau ( IAB - www.iab.net ) didirikan pada tahun 1996 dan berbasis di New York City. IAB, mengembangkan standar industri iklan online seperti ukuran standar banner dan pedoman pengukuran. pada tahun 2003 IAB memperluas format iklan online termasuk pop-up dan format rich media.
Salah satu faktor keberhasilan dalam menjual suatu produk adalah melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan membuat iklan. Baik iklan online dan offline/tradisional memiliki tujuan yang serupa yaitu :
1. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru.
2. Membangun kesadaran (awareness) merk, membuat konsumen sadar akan sebuah merk atau produk, merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar.
3.Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. Terdapat 3 langkah yaitu : 1) Menginformasikan, 2) Membujuk, 3) Mengingatkan.
4. Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jas yang diiklankan.
5. Membangun loyalitas konsumen.
Alasan mengapa iklan online dipilih sebagai media promosi karena memiliki beberapa keuntungan diantaranya yaitu :
1. Tidak ada tanggal kadaluarsa.
2. Lead time.
3. Kualitas paparan.
4. Kebebasan.
5. Jangkauan.
6. Biaya.
Kendala-kendala yang terjadi ketika iklan online tidak berhasil :
1. Pop up blocker
2. Ad blocker
3. Kecepatan koneksi
4. Layar
2. Jenis-jenis Iklan Online
Iklan online dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu :
a. Iklan Teks
Iklan yang ditampilkan berupa teks saja, contoh :
1. Iklan link
2. Iklan kontekstual
3. Iklan hasil pencarian
4. Iklan direktori online
5. Iklan daftar lokal
6. Iklan konten
b. Iklan display
Iklan yang ditampilkan kombinasi antara teks, gambar dan animasi dan setiap iklan display memiliki ukuran yang telah diatur. Terdapat beberapa jenis iklan display diantaranya yaitu :
1. Interstitial banners
2. Pop up dan pop under
3. Floating advert
4. Wallpaper advertising
5. Map advertising
6. Iklan banner
7. Video online advertising banner
8. Iklan media sosial
c. Iklan rich media
Iklan rich media adalah iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar, animasi dan suara. Terdapat beberapa jenis iklan rich media diantaranya yaitu :
1. Peel-back
2. Floating
3. Expanding
4. Interstitial
5. Video
6. Pop up/pop under
3. Model Pembayaran Iklan Online
Ada banyak cara untuk memasarkan iklan begitu pula cara pembayarannya. Beberapa bentuk dan sisitem pembayaran iklan online :
1. Pay Per Impression
2. Pay Per Click
3. Pay Per Action
4. Pay Per Sale
5. Pay Per Lead
6. Pay Per Download
7. Pay Per Paly
8. Pay Per Read
9. Pay Per Interaction
10. Flat Rate atau Sponsirships
Salah satu faktor keberhasilan dalam menjual suatu produk adalah melakukan promosi. Promosi dapat dilakukan dengan membuat iklan. Baik iklan online dan offline/tradisional memiliki tujuan yang serupa yaitu :
1. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru.
2. Membangun kesadaran (awareness) merk, membuat konsumen sadar akan sebuah merk atau produk, merupakan tujuan jangka panjang yang penting bagi setiap pemasar.
3.Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen. Terdapat 3 langkah yaitu : 1) Menginformasikan, 2) Membujuk, 3) Mengingatkan.
4. Mempersuasi (membujuk) konsumen untuk mencoba produk dan jas yang diiklankan.
5. Membangun loyalitas konsumen.
Alasan mengapa iklan online dipilih sebagai media promosi karena memiliki beberapa keuntungan diantaranya yaitu :
1. Tidak ada tanggal kadaluarsa.
2. Lead time.
3. Kualitas paparan.
4. Kebebasan.
5. Jangkauan.
6. Biaya.
Kendala-kendala yang terjadi ketika iklan online tidak berhasil :
1. Pop up blocker
2. Ad blocker
3. Kecepatan koneksi
4. Layar
2. Jenis-jenis Iklan Online
Iklan online dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu :
a. Iklan Teks
Iklan yang ditampilkan berupa teks saja, contoh :
1. Iklan link
2. Iklan kontekstual
3. Iklan hasil pencarian
4. Iklan direktori online
5. Iklan daftar lokal
6. Iklan konten
b. Iklan display
Iklan yang ditampilkan kombinasi antara teks, gambar dan animasi dan setiap iklan display memiliki ukuran yang telah diatur. Terdapat beberapa jenis iklan display diantaranya yaitu :
1. Interstitial banners
2. Pop up dan pop under
3. Floating advert
4. Wallpaper advertising
5. Map advertising
6. Iklan banner
7. Video online advertising banner
8. Iklan media sosial
c. Iklan rich media
Iklan rich media adalah iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar, animasi dan suara. Terdapat beberapa jenis iklan rich media diantaranya yaitu :
1. Peel-back
2. Floating
3. Expanding
4. Interstitial
5. Video
6. Pop up/pop under
3. Model Pembayaran Iklan Online
Ada banyak cara untuk memasarkan iklan begitu pula cara pembayarannya. Beberapa bentuk dan sisitem pembayaran iklan online :
1. Pay Per Impression
2. Pay Per Click
3. Pay Per Action
4. Pay Per Sale
5. Pay Per Lead
6. Pay Per Download
7. Pay Per Paly
8. Pay Per Read
9. Pay Per Interaction
10. Flat Rate atau Sponsirships
Tidak ada komentar:
Posting Komentar